Jumat, 23 April 2021

HATI HATI! KAMU INVESTOR APA RENTENIR NIH!

HATI HATI! INVESTOR APA RENTENIR NIH!






Photo by Maxim Hopman on Unsplash

Temen temen, beberapa bulan belakangan saya belajar tentang investasi saham, saya belajar apa itu analisis fundamental dan lain sebagainya. Namun semakin belajar hati saya merasa ada yang ganjil, sehingga sebelum terjun saya memperbanyak riset dan mencari tahu dulu apakah ada sistem yang bermasalah.

Pada hari kamis lalu saya hampir saja invest disalah satu restoran di Jakarta, tidak saya sebutkan namanya. Ketentuannya seperti ini. 1 lot nya di hargai 1,000,000 dengan imbal hasil 30% dari modal, dan dividen dibagi per 6 bulan, ingat, dari modal. Jadi contohnya seperti ini, saya invest 2 lot, berarti harganya 2,000,000, 30% dari 2,000,000 adalah 600,000 jd setiap bulan saya dapat dividend 100,000 tanpa kerja. Sampai sini paham? Enak kan kelihatannya? Mari coba kita bedah.

Untungnya sebelum itu, saya tanyakan kepada orang yang insyallah lebih paham masalah ini. Saya bertanya sesuai study case di atas. Perhatikan, "saya invest 2 juta, perbulan saya dapat 100,000 selama 6 bulan" itu bahasa investasinya. Kelihatan tidak ada masalah, coba, sama gak kira kira skenario nya dengan ini? Saya minjamin uang ke orang sebanyak 2 juta, nanti dia harus kembalikan ke saya sebanyak 2,6 juta. Udah kelihatan salahnya dimana? Masih belum jelas?, baik saya jelasin secara gamblang, saya pinjamkan uang ke orang sebesar 2 jt, bunga nya 30%, jadi kembalikan ke saya 2,600 jt. Ini apa? ini RIBA!.

Well dalam investasi saham gak cuman itu aja, contoh lainnya yaitu deposito dengan bunga 3% per tahun, nah yang namannya bunga itu riba, dan juga saham banyak sekali gharar didalamnya, jadi bagi saa lebih baik di hindari. Ini adalah perspektif saya, dan apa yang saya yakini, jika kamu berbeda pendapat dan tidak setuju dengan saya, ya monggo. Tugas saya hanya menyampaikan. Semoga kita semua diberikan rezeki yang halal. See you di artikel selanjutnya.

Load comments